Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]


Web Hosting adalah layanan penting yang disediakan oleh ribuan perusahaan di seluruh dunia. Ini pada dasarnya adalah menyewakan ruang penyimpanan data dan bandwidth kepada orang-orang yang memiliki situs web untuk dipublikasikan. Host web menyediakan komputer yang kuat (server) tempat halaman web disimpan, dan dari mana siapa pun yang berselancar di internet dapat mengunduh halaman dari situs web apa pun yang dihosting di sana. Anda sebagai penerbit situs web pada dasarnya membayar web host untuk menggunakan ruang disk komputer mereka untuk menyimpan situs web Anda, dan untuk bandwidth mereka sehingga pengunjung situs Anda dapat mengunduh halaman, gambar, dll.



Semua situs web harus di-host di suatu tempat dan ada banyak sekali perusahaan web hosting yang bisa dipilih, menawarkan berbagai macam pilihan dari hosting gratis hingga paket seharga ratusan dolar per bulan. Mengapa ada perbedaan besar? Karena apa yang ditawarkan sangat bervariasi. Jika Anda menjalankan bisnis dengan situs web yang memiliki ratusan halaman dan ribuan pengunjung setiap hari, Anda akan memerlukan host yang dapat menyediakan banyak penyimpanan dan bandwidth dan yang sangat kuat dan dapat diandalkan. Ini pasti membutuhkan biaya. 


Ada pilihan hosting gratis yang tersedia, yang bisa jadi bagus untuk bereksperimen atau untuk situs keluarga dan teman yang kecil, tetapi ini tidak akan pernah sesuai bahkan untuk bisnis terkecil atau webmaster yang serius. Terlepas dari keterbatasan pada ukuran dan tampilan situs Anda, Anda tidak mungkin memiliki nama domain Anda sendiri dan hanya memiliki sedikit atau tidak ada kemampuan untuk memengaruhi fitur apa pun dari situs Anda yang seharusnya membuatnya muncul dengan baik dalam hasil mesin pencari.


Definisi Web Hosting - Keandalan


Salah satu hal hebat tentang situs web adalah dapat diakses 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Ini hanya benar jika host web Anda memastikan bahwa server yang menghosting situs Anda beroperasi penuh dan online sepanjang waktu. Beberapa perusahaan web hosting jauh kurang memuaskan dalam hal ini, dan penting untuk dapat memeriksanya sebelum berkomitmen pada paket hosting.


Sebagian besar host web akan menawarkan jaminan uptime 99,9%, artinya mereka berjanji untuk menjaga situs Anda tetap online dan dapat diakses selama 99,9% dari waktu. Ini adalah yang paling tidak Anda harapkan, jadi perlakukan dengan hati-hati host mana pun yang tidak menawarkan ini. Namun, Anda harus memeriksa apakah perusahaan hosting telah berhasil menepati janji ini. Beberapa yang paling dapat diandalkan akan menunjukkan kepada Anda riwayat uptime mereka sebagaimana dipantau oleh pihak ketiga. Setelah situs web Anda aktif dan berjalan, organisasi seperti InternetSeer menyediakan layanan gratis yang memantau situs Anda setiap jam untuk memeriksa apakah situs Anda dapat diakses. Mereka kemudian akan mengirim email kepada Anda jika ada masalah, dan mengirimi Anda laporan rutin.


Definisi Web Hosting - Ruang Disk dan Bandwidth


Ketika Anda melihat berbagai paket yang ditawarkan oleh perusahaan web hosting, dua hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah ruang disk dan bandwidth. Ini adalah pertimbangan vital karena jika Anda tidak memilih paket hosting dengan bandwidth dan ruang disk yang sesuai untuk situs web Anda, Anda bisa menemukan bahwa situs Anda diambil offline karena melebihi salah satu dari batas-batas ini. Ruang disk berhubungan langsung dengan ukuran situs web Anda. Ini mengacu pada seberapa banyak ruang yang dapat ditempati situs Anda pada disk penyimpanan server, jadi berkaitan dengan berapa banyak halaman yang Anda miliki, ukuran halaman-halaman ini, jumlah file gambar, dll. Bandwidth adalah tentang lalu lintas yang didapat situs Anda, dan merupakan ukuran berapa banyak informasi (data) yang diunduh dari situs Anda selama periode waktu tertentu. Transfer data ini biasanya diukur dalam Gigabytes (GB) per bulan. Jika Anda melebihi batas bandwidth bulanan Anda, situs Anda bisa offline tanpa pemberitahuan.


Banyak perusahaan web hosting akan menawarkan paket hosting yang memberi Anda ruang disk dan bandwidth 'tak terbatas'. Meskipun ini terdengar sempurna dalam teori, ada baiknya memeriksa apa definisi mereka tentang tidak terbatas. Menyediakan ruang disk dan bandwidth membutuhkan biaya bagi host, jadi mereka tidak akan senang jika itu benar-benar tidak terbatas. Apa yang biasanya mereka maksudkan adalah tidak terbatas untuk situs web biasa dalam kategori paket yang Anda pilih. Pengecualian yang biasa terjadi adalah untuk situs yang melibatkan game, streaming video/musik atau menyimpan ribuan file gambar besar.



Definisi Web Hosting - Jenis Server


Sebagian besar situs web di-host di server bersama. Dengan kata lain, situs web Anda disimpan di komputer yang sama dengan banyak situs web lainnya. Dengan melakukan ini, host web dapat menjaga biaya mereka tetap masuk akal dan jarang ada masalah yang muncul dari ini.


Alternatif untuk shared hosting adalah dedicated hosting, yang berarti bahwa situs web Anda memiliki server sendiri. Tidak mungkin Anda akan membutuhkan hosting khusus kecuali Anda memiliki bisnis besar yang melibatkan situs web yang sangat sibuk.  Hosting khusus umumnya memberi Anda kemampuan untuk menentukan tingkat penyimpanan disk dan bandwidth yang dibutuhkan situs Anda, dan harus melibatkan tingkat dukungan yang lebih tinggi. Ini mungkin juga merupakan pilihan yang tepat jika ada opsi khusus yang Anda butuhkan untuk situs web Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib