Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]


Menghafal Al Quran atau yang biasa dikenal dengan sebutan Tahfidz mempunyai dua hal yang wajib dipenuhi, yaitu hafal dalam ingatan serta dapat mengucapkannya kembali di luar kepala tanpa harus membaca Al Quran atau catatan lainnya.




Berikut ini ada tips dan trik ( Cara cepat ) yang dikatakan oleh seorang Syekh Dr. Kamil Al Labudi,
Tips dan Trik ini diucapkan oleh beliau berdasarkan pengalamannya dalam mendidik ketiga anak-anak beliau hafal Al Quran 30 juz dalam usia 4,5 tahun. Seluruh anak-anak beliau hafal Al Quran 30 juz sebelum umur mereka 5 tahun. Anak-anak beliau itu adalah :

1. Tabarok hafal 30 juz saat umurnya 4,5 tahun,
2. Yazid hafal 30 juz saat umurnya 4,5 tahun,
3. Zainah hafal 30 juz saat umurnya 5 tahun.

Inilah tips dan trik yang beliau aplikasikan dalam mendidik anaknya supay dapat hafal Al-Quran :

1. Saat anak kita lahir, dari umurnya 1 hari perdengarkanlah Al Quran setiap hari sebanyak 1 juz kemudian ulangi lagi sebanyak 5 kali.

Ulangi terus sampai satu bulan. Sehingga dalam rentang waktu 1 bulan 1 juz di ulang sebanyak 150 kali. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan memperdengarkan Al Quran sebanyak 30 juz hanya dalam 30 bulan, yaitu 2,5 tahun. Saat anak kita umurnya 2,5 tahun dia telah mendengarkan Al Quran 30 juz sebanyak 150 kali.

2. Carilah bacaan dari para Masyayikh, serta para Qori yang terkenal bacaannya fasih, misalnya Qori Syekh Mahmud Kholil Al Hushori, Syekh Shiddiq Al Minsyawi, dll. Atau para Qori dari Saudi Arabia, seperti Syekh Ali Al Hudzaifi, Syekh Muhammad Ayyub, dan lain lain.

3. Saat anak kita telah selesai mendengarkan bacaan Al Quran 30 juz, maka selanjutnya ajarkan hafalan kepadanya. Satu hari setengah halaman atau satu halaman, ulangi terus setiap harinya hingga 5 kali. Untuk mempermudah anda bisa menggunakan Speaker Al-Qur'an yang banyak dijual di toko online. Keunggulannya anda bisa menyetel berulang-ulang baik ayat ataupun surat yang diinginkan.

4. Bikin metode yang menarik untuk anak kita supaya mau menghafal, berikan sebuah hadiah saat dapat mencapai target. 


5. BerDoa kepada Allah ta'ala supaya dipermudah dalam membimbing anak kita pada saat proses menghafal Al Quran 30 juz.

Dengan cara seperti ini, hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun anak kita hafal Al Quran 30 juz.
Semoga Allah memberikan kepada kita semua supaya keluarga kita menjadi Ahlul Quran dan semoga anak-anak kita kelak hafal Al Quran 30 juz dan berakhlaq sesuai dengan tuntunan Al Quran. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib